Apakah New York Times Menekan Laporan Maju tentang Invasi Teluk Babi?

Menangkap Pria dari Invasi Teluk Babi

Gambar melalui Bettmann melalui Getty Images

Artikel tentang laporan New York Times dan Bay of Pigs ini diterbitkan ulang di sini dengan izin dari The Conversation . Konten ini dibagikan di sini karena topiknya mungkin menarik minat pembaca Snopes, namun topik tersebut tidak mewakili karya pemeriksa fakta atau editor Snopes.



berapa banyak orang Yahudi yang mati pada tahun 911

Enam puluh tahun yang lalu, The New York Times dikatakan telah memberangus dirinya sendiri dalam memberitakan tentang rencana untuk Invasi Teluk Babi yang didukung CIA , mendapatkan tempat yang tidak terhormat dalam sejarah jurnalisme Amerika.



Kisah penindasan Bay of Pigs-New York Times telah dikutip di buku , koran , di acara berita kabel dan di tempat lain sebagai studi tentang swasensor dan konsekuensinya.

Seandainya Times menolak permintaan Presiden John F.Kennedy, telah mencetak semua yang mereka ketahui tentang invasi Kuba yang tertunda, kisah penindasan berlanjut, serangan naas itu mungkin telah dibatalkan dan AS terhindar dari bencana kebijakan luar negeri.



Kisah penindasan membuat a pelajaran abadi tentang bahaya bagi organisasi berita dalam menyerah pada tekanan pemerintah dan menyembunyikan informasi penting yang sensitif, seolah-olah karena implikasi keamanan nasional. Ketika pejabat pemerintah meminta keamanan nasional, menerbitkan materi rahasia menjadi masalah pelik bagi outlet berita.

Namun dalam kasus Times dan Bay of Pigs, objek pelajarannya tidak relevan.

Itu karena narasi penindasan dilebih-lebihkan. Itu adalah mitos yang digerakkan oleh media - salah satu dari banyak cerita terkenal tentang media berita yang, jika diteliti, larut sebagai cerita palsu atau khayalan.



adalah disney membangun taman di michigan
Kennedy dan Inggris Raya

Kennedy dan Perdana Menteri Inggris Harold Macmillan bersama pada saat Kennedy dikabarkan telah menelepon editor di The New York Times.
Perpustakaan Kepresidenan JFK

Dikenal luas, sering diceritakan kembali

Seperti yang saya diskusikan di ' Getting It Wrong: Membongkar Mitos Terbesar dalam Jurnalisme Amerika , ”Times tidak menyembunyikan laporan tentang invasi yang mendekat, yang diluncurkan 17 April 1961, dan gagal mengusir diktator Kuba Fidel Castro .

Faktanya, laporan Times tentang persiapan serangan itu dirinci dan sering ditampilkan dengan jelas di halaman depan. Pembaca dapat mengetahui apa yang akan datang, jika tidak selalu dengan detail yang spesifik.

Selain itu, tidak ada bukti yang diketahui Kennedy sebelumnya tentang laporan Times yang diterbitkan 7 April 1961, artikel halaman depan tentang persiapan invasi yang menjadi inti mitos penindasan.

Tidak ada bukti bahwa Kennedy atau siapa pun dalam pemerintahannya melobi atau membujuk Times untuk menahan atau secara signifikan mencairkan cerita itu, seperti yang diklaim oleh banyak akun.

Artikel 7 April ditulis oleh Tad Szulc , seorang koresponden asing veteran yang melaporkan dari Miami bahwa serangan oleh pemberontak Kuba yang dilatih CIA akan segera terjadi.

Pengeditan sederhana dan bijaksana

Menurut laporan berikutnya oleh editor senior di Times, referensi tentang kedekatan dan CIA telah dihapus sebelum artikel itu diterbitkan.

Mereka beralasan bahwa 'yang akan datang' lebih merupakan prediksi daripada fakta. Editor pelaksana, Turner Catledge , kemudian menulis bahwa dia 'ragu-ragu untuk menyebutkan CIA ketika kami mungkin tidak dapat mendokumentasikan tuduhan tersebut.' Istilah 'pejabat Amerika Serikat' diganti. Kedua keputusan itu sederhana dan bijaksana.

Perselisihan muncul di antara para editor Times secara internal tentang pemangkasan menjadi satu kolom judul yang menyertai cerita Szulc. Sebuah headline yang mencakup empat kolom telah direncanakan.

lebih buruk dari ilmu melahirkan

Ukuran judul surat kabar biasanya sesuai dengan signifikansi relatif sebuah artikel. Judul empat kolom akan menandakan 'sebuah cerita yang sangat penting,' kata mantan reporter dan editor Times Harrison E. Salisbury dalam ' Without Fear or Favor: The New York Times dan Its Times , 'Akun orang dalam. Tampilan empat kolom jarang, meskipun tidak pernah terdengar, di halaman depan Times pada awal 1960-an.

Tetapi tanpa mengacu pada invasi yang akan segera terjadi, judul empat kolom sulit untuk dibenarkan. Meski begitu, artikel panjang Szulc mendapat tempat yang menonjol di bagian atas halaman depan Times.

' Unit Anti-Castro Dilatih Untuk Bertempur di Pangkalan Florida , 'Baca judulnya.

Sangat tidak mungkin bahwa Kennedy mengajukan banding pribadi kepada siapa pun di Times pada tanggal 6 April 1961, hari pengiriman Szulc diajukan, diedit, dan disiapkan untuk publikasi. Catatan Gedung Putih tidak menunjukkan panggilan telepon ke Catledge atau eksekutif senior Times lainnya pada 6 April, menurut Perpustakaan Kepresidenan John F. Kennedy di Boston.

Kesempatan kecil untuk menelepon

Salah satu cerita reporter Tad Szulc untuk The New York Times sebelum invasi Teluk Babi.
Peringatan Mitos Media ,Penulis disediakan

Presiden menghabiskan paruh terakhir siang hari itu menjadi tuan rumah bagi Harold Macmillan, perdana menteri Inggris, di kapal pesiar kepresidenan menyusuri Sungai Potomac. Hampir pukul 18.30 ketika Kennedy kembali ke Gedung Putih.

Itu menyisakan sedikit kesempatan baginya untuk menelepon eksekutif Times sebelum edisi pertama surat kabar itu diterbitkan.

muslim di rumah putih snop

'Without Fear or Favor' Salisbury menawarkan diskusi mendetail tentang pertimbangan internal pada artikel Szulc dan akunnya bersikukuh.

“Pemerintah pada bulan April 1961,” tulis Salisbury, “tidak… tahu bahwa The Times akan menerbitkan berita Szulc meskipun mengetahui bahwa The Times dan wartawan lainnya sedang menyelidiki di Miami. Presiden Kennedy juga tidak menelepon [pejabat senior Times] tentang berita tersebut. … Tindakan yang diambil The Times [dalam mengedit laporan Szulc] adalah tanggung jawabnya sendiri, ”hasil dari diskusi internal.

“Yang terpenting,” Salisbury menambahkan, “The Times tidak membunuh cerita Szulc… The Times percaya bahwa lebih penting untuk menerbitkan daripada menahan. Publikasikan itu. ”

Perjalanan menuju Teluk Babi bukanlah cerita satu kali. Memang, sifat berkelanjutan dari liputan pra-invasi Times hampir tidak pernah dicatat ketika mitos penindasan diberitahu.

wajah hitam sekolah menengah Katolik covington

Setelah menerbitkan artikel Szulc, Times memperluas pelaporannya tentang invasi yang tertunda. Halaman depannya tertanggal 9 April 1961, misalnya, memuat cerita Szulc bahwa para pemimpin di pengasingan Kuba berusaha mendamaikan persaingan mereka sambil 'mempersiapkan serangan' melawan Castro.

“Asumsi pertama dari rencana [para pemimpin],” tulis Szulc, “adalah bahwa invasi oleh 'tentara pembebasan', sekarang dalam tahap akhir pelatihan di Amerika Tengah dan di Louisiana, akan berhasil dengan bantuan pasukan internal. pemberontakan di Kuba. '

Dengan itu, Szulc menjelaskan secara luas tujuan dari misi yang membawa 1.400 orang buangan bersenjata ke pantai pendaratan di barat daya Kuba.

Serangan mereka dihancurkan dalam waktu tiga hari.


W. Joseph Campbell , Profesor Ilmu Komunikasi, Sekolah Komunikasi Universitas Amerika

Artikel ini diterbitkan ulang dari The Conversation di bawah lisensi Creative Commons. Membaca artikel asli .